Tips Merakit Komputer

Posted by nightF0X on Thursday, January 24, 2013

Berencana merakit komputer sendiri?  berikut beberapa bagian dari komputer yang perlu untuk diperhatikan dalam kaitan dana yang disediakan dan kemampuan dari komputer itu sendiri
http://www.noticiasdechaves.com/wp-content/uploads/2012/08/10-Points-for-Selecting-or-Assembling-Motherboard.jpg

CPU/Prosesor

Jika komputer lebih banyak digunakan untuk mendukung software dengan grafis yang berat berat misalnya game, sepertinya AMD adalah prosessor pilihan terbaik.
Akan tetapi jika komputer lebih kepada pemakaian biasa dan awet, intel bisa menjadi pilihan.Keduanya adalah pemain besar di bidang industri CPU. Baik AMD maupun Intel juga memiliki beberapa tipe prosessor yang memiliki kemampuan dan harga yang berbeda.

RAM

RAM merupakan salah satu jenis memori pada komputer.Kegunaan RAM adalah untuk membantu pekerjaan CPU.Oleh karena itu, Kapasitas RAM sangat menentukan kecepatan dari kinerja komputer. Saat ini RAM generasi terbaru adalah jenis DDR3, untuk kemampuan terbaik, sebaiknya RAM dipilih sesuai jenis Motherboard dan kebutuhan

GPU/VGA

VGA atau Video Graphic Adapter adalah hardware komputer yang mendukung akselerasi grafis dan tampilan.Semakin tinggi spesifikasi VGA, maka semakin bagus pula tampilan dan grafis yang dihasilkan. Umumnya Mainboard sudah ada VGA onboard, namun tentunya penggunaan VGA onboard akan mengambil kapasitas RAM dan kemampuan dari prosessor, jika membutuhkan komputer untuk game dan pengolah grafis tinggi, sebaiknya menggunakan VGA terpisah.


Hardisk

Kalau bisa hardisk ini pilihlah yang semakin besar kapasitasnya, walau apapun komputer nantinya akan dipergunakan.Sama saja jika seseorang akan membangun gudang, tentu ingin memiliki gudang dengan daya tampung yang banyak.Hal lainya adalah, software generasi sekarang cenderung memerlukan penyimpanan data yang besar.Namun ingat, sesuaikan dengan anggaran dana untuk merakit komputer yang ada.Akan tetapi tidak ada ruginya jika membeli Hardisk dengan kapasitas yang besar.Justru jika terlalu kecil, biasanya nanti akan timbul penyesalan karena harus membeli lagi yang lebih besar.

PSU/Power Supply

Power Supply adalah hardware komputer yang tak kalah penting.PSU harus disesuaikan dengan spesifikasi hardware komputer vital lainnya, seperti prosessor dan VGA sekelas monster.Jika spesifikasi VGA da CPU tinggi, maka semakin membutuhkan daya yang tinggi dari power supply.Sebab jika PSU tidak memadai, maka akan cepat untuk meleduk karena tidak kuat menyangga beban.Lagi lagi harga juga berbicara untuk menentukan pilihan kepada PSU.Ingat!!! PSU yang abal-abal beresiko tiba-tiba meleduk karena tidak kuat, dan ini bisa berakibat merusak hardware yang lain.

Motherboard

Motherboard yang tersedia sangat banyak pilihan dipasaran yang ada.Yang pertama adalah memilih reputasi dari produsen yang terbaik.Dan kedua, pilih spesifikasi yang sesuai dengan prosessor yang akan kamu pilih, lalu tentukan berapa besar RAM yang akan dipakai, karena biasanya Motherboard entry level memiliki 2 slot RAM.

Jangan menghemat anggaran tanpa memperhatikan kegunaan komputer, sebab sangat berpengaruh dengan kinerja dan daya tahan/umur komputer.Maunya menghemat, namun justru malah semakin pemborosan.Untuk itu, semoga tips diatas bisa membantu untuk merakit komputer yang sesuai dengan kebutuhan

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment